Aku, Kita dan Mereka…

Syalala Lala :)

Valentine’s day 15 Februari 2011

Filed under: Tak Berkategori — Nia @ 9:08 pm

Valentine’s …. coklat coklat coklat … bunga bunga bunga … boneka boneka boneka …
Valentine’s Day atau biasa di sebut hari kasih sayang. Hari tersebut sangat populer di negara-negara Eropa dan Amerika. Pada hari itu terutama kaum remaja merayakan dengan hura-hura.
Hari Valentine (bahasa Inggris: Valentine’s Day), pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat.

Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel Santo Valentinus. Beberapa pembaca mungkin ingin membaca entri Valentinius pula. Hari raya ini tidak mungkin diasosiasikan dengan cinta yang romantis sebelum akhir Abad Pertengahan ketika konsep-konsep macam ini diciptakan.
Secara etimologis Valentine berasal dari kata Valentinus yang artinya adalah suatu kartu ucapan selamat yang dikirimkan kepada orang-orang yang disayangi, baik yang benar-benar disayangi atau pura-pura disayangi.
Berdasarkan yang dikutip dari Webster’s New 20th Century Dictionary perayaan Valentine berasal dari perayaan Lupercali. Yaitu upacara ritual yang dilakukan oleh orang-orang Romawi kuno setiap tanggal 15 Februari sebagai penghormatan kepada Lupercus dewa padang rumput yang dideskripsikan mempunyai tanduk, kaki, dan telinga seperti kambing. Pada perayaan itu nama-nama wanita dimasukkan kedalam jambangan bunga. Setiap pria yang hadir mengambil secarik kertas. Wanita yang namanya tertera dalam kertas itu menjadi teman kencannya semalam suntuk.

Kemudian pada tahun 469 pihak gereja yakni Paus Celecius merubah menjadi tanggal 14 Februari untuk mengenang kematian seorang pendeta yang bernama Saint Valentine yang tewas sebagai martir pada abad III (martir adalah istilah yang dipakai untuk orang-orang yang mati mempertahankan prinsip-prinsipnya) dan menetapkan menjadi Saint Valentine’s Day. Pastor Valentine ditangkap dan dipenjara karena menentang kebijakan kaisar Romawi (Cladius II) yang melarang pemuda-pemudi untuk menikah. Sang kaisar menginginkan pemuda-pemuda yang lajang untuk menjadi tentara dan pergi berperang. Tetapi sang pastor malah dengan diam-diam menikahkan sepasang muda-mudi. Hal ini diketahui oleh sang kaisar. Bukan main marahnya sang kaisar, akibatnya sang pastor mengakhiri hidupnya dengan tanpa kepala (dipancung) pada tanggal 14 Februari 269.

Di Amerika Serikat mulai pada paruh kedua abad ke-20, tradisi bertukaran kartu diperluas dan termasuk pula pemberian segala macam hadiah, biasanya oleh pria kepada wanita. Hadiah-hadiahnya biasa berupa bunga mawar dan cokelat. Mulai tahun 1980-an, industri berlian mulai mempromosikan hari Valentine sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan perhiasan.

Sebuah kencan pada hari Valentine seringkali dianggap bahwa pasangan yang sedang kencan terlibat dalam sebuah relasi serius. Sebenarnya valentine itu Merupakan hari Percintaan, bukan hanya kepada Pacar ataupun kekasih, Valentine merupakan hari terbesar dalam soal Percintaan dan bukan berarti selain valentine tidak merasakan cinta.
Di Amerika Serikat hari raya ini lalu diasosiasikan dengan ucapan umum cinta platonik “Happy Valentine’s”, yang bisa diucapkan oleh pria kepada teman wanita mereka, ataupun, teman pria kepada teman prianya dan teman wanita kepada teman wanitanya. Sementara sebagian orang menganggap hari Valentine sebagai momen yang paling sulit, penuh tekanan sekaligus dangkal karena semakin panjang periode sebuah hubungan cinta, semakin besar tekanan yang pasangan itu alami karena menipisnya ide-ide orisinal.
Yah, memang betul . Banyak diantara kita yang salah mengartikan hari valentine sehingga menimbulkan pro dan kontra di beberapa kalangan .
Nah, buat temen-temen sendiri apa sih makna valentine sebenarnya ?

 

5 Responses to “Valentine’s day”

  1. Cahya Says:

    Jika orang bisa bahagia, maka biarlah kebahagian mengalir🙂.

  2. aur3liacubbi Says:

    Salam damai n sejahtera nia, kami tertarik dengan posting anda. Bolehkah kami mengambil excerpt posting diatas ke “http://pbn.me/?url=https://tentangnea.wordpress.com/2011/02/15/valentines-day/&cat=love”? Credit dofollow link akan disertakan dengan anchor text “valentines day dari mereka untuk mu” yang mengarah ke posting anda, terima kasih, salam kenal, sukses selalu.

  3. Anak Brayan Says:

    sebenarnya rasa sayang dan cinta kasih ga harus di tunjukan di hari valentine.
    mestinya stiap waktu .
    hehehhe
    salam blogger

  4. Sya Says:

    Saya ga pernah khusus ngerayain valentine. Tapi dulu waktu SMA, suka heboh sendiri bikin coklat buat pacar. Sekarang sih, udah biasa aja. Bahkan ngucapi ke pacar pun ga. Buat saya kasih sayang harus dirayakan kapan aja.

  5. Aku nggak ada yang diajak palentin2an, hahahhaha
    Nggak ada coklat juga….terakhir makan coklat pun saat beberapa bulan yang lalu ibu angkatku datang dari Australia bawah coklat yang banyak banget, hbs itu kek gimana kalau ketemu coklat😆

    BTW, kasih sayangku buat siapa saja kapan saja🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s